GROUP STUDY DISCUSSION #1: SISTEMATIKA HERPETOFAUNA

GROUP STUDY DISCUSSION #1: SISTEMATIKA HERPETOFAUNA

Kelompok Studi Herpetologi (KSH) telah melaksanakan Group Study Discussion (GSD) #1 yang bertemakan Sistematika Herpetofauna pada bulan Maret hingga April tahun 2024. Kegiatan ini merupakan program kerja Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) KSH yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan Anggota Muda (AM) KSH seputar ilmu herpetologi. Kegiatan dilaksanakan setiap akhir pekan dengan peserta GSD adalah AM 34 yang merupakan angkatan paling muda saat ini. 

Peserta GSD dibagi menjadi tiga kelompok yakni Iguania, Gekkota, dan Autarchoglossa. Sesi pematerian ilmu dilaksanakan lima kali untuk tiap kelompok yakni dari divisi keilmuan Amphibia, Testudinata, Crocodylia, Serpentes, dan Lacertilia dengan narasumber materi adalah Dewan Senior divisi tersebut. Pada GSD #1 materi yang dibawakan mencakup sistematika hewan secara umum, taksonomi dan klasifikasi herpetofauna, kajian evolusi dan filogeni herpetofauna secara singkat, dan pemahaman seputar cara identifikasi herpetofauna. Tiap sesi materi akan ditutup dengan post-test secara lisan.

Puncak rangkaian GSD #1: Sistematika Herpetofauna adalah Penilaian Akhir (PA) GSD #1 yang dilaksanakan pada Sabtu, 4 Mei 2024 di gazebo Fakultas Biologi UGM. Penilaian berlangsung dari pukul 11.40-13.40 WIB dengan menggunakan google form. Peserta GSD dibagi menjadi tiga kelompok dengan dan tersebar di gazebo dengan penjagaan Dewan Senior. Secara keseluruhan, rangkaian GSD #1: Sistematika Herpetofauna berjalan cukup lancar dan diharapkan dapat memperluas pengetahuan herpetologi untuk peserta GSD.


Gambar 1. Dokumentasi pematerian #1

Gambar 2. Dokumentasi pematerian #2

Gambar 3. Dokumentasi pematerian #3

Gambar 4. Dokumentasi PA GSD #1

Gambar 5. Dokumentasi PA GSD #2

Komentar