Perayaan Tahun Baru Kelompok Studi Herpetologi

Selasa, (31 Desember 2013) Kelompok Studi Herpetologi melakukan perayaan tahun baru di area kampus Biologi UGM. Perayaan ini diikuti oleh Anggota Muda dan Dewan Senior KSH. Perayaan ini sebagai penyambutan tahun baru 2014. Dalam perayaan ini disusun beberapa acara yang melibatkan anggota muda dan dewan senior.
Sebelum acara dimulai, Anggota Muda 23 selaku panitia mempersiapkan tempat, alat dan bahan yang akan digunakan nantinya. Kegiatan utama dari perayaan ini adalah membakar sate dan jagung bersama-sama. Selain itu terdapat acara karaoke, makan bersama, pembacaan doa dari setiap anggota KSH.

Acara pertama langsung dimulai oleh acara utama yaitu prosesi bakar-membakar. Bahan utama yaitu daging ayam yang kemudian oleh panitia dibakar. Pada acara ini terlihat keseruan dari panitia dan peserta acara dalam menyate yang diikuti dengan bakar jagung. Estimasi awal dari bakar-bakar ini diluar dugaan. Sehingga waktu yang digunakan tidak selama yang telah diatur pada rundown.
Saat prosesi bakar,tidak semua peserta terlibat, maka peserta yang lain asik karaokean dengan perlatan yang telah disiapkan dan beberapa daftar lagu yang telah disiapkan oleh panitia. Keasikan dari mereka yang berkaraoke terlihat dari waktu yang relatif lama dalam mereka karaoke. Sehingga peserta yang tidak ikut bakar-bakar tetap asik mengikuti jalannya acara. Selama acara bakar-bakar dan karaoke terlihat beberapa alumni KSH yang datang semakin meramaikan jalannya acara.
Hidangan istimewa untuk tahun baru 2014
Saat berjalannya bakar-bakar dan karaoke, panitia acara tahun baru ini memberikan secarik kertas kepada setiap peserta termasuk panitia untuk menuliskan beberapa doa atau harapan yang nantinya ingin dicapai di tahun 2014, hingga semuanya terkumpul dan terkoleksi . Setelah selesai menyate dan membakar jagung, maka panitia mempersiapkan alat makan. Pada pukul 22.30 hasil sate dan bakar-bakar diadakan makan bersama antara semua peserta dan panitia. 

Setelah selesai makan, setiap peserta dan panitia diberikan satu buah lilin untuk dinyalakan. Semuanya berkumpul di rumput-rumput swadaya dan saling melingkar serta dengan menyalakan masing-masing lilin. Sepatah-sepatah kata oleh Edwina Prastiwi menyambut acara penyalaan ini. Selama lilin menyala, dari masing-masing membacakan setiap lembar kertas doa anggota KSH yang dikumpulkan tadinya. Isi dari doa tersebut berisi harapan dan pencapaian yang ingin diraih pada tahun 2014. Beberapa isinya menyangkut hal pribadi, kuliah, organisasi dan tak sedikit pula yang menyangkut jodoh! Berbagai macam harapan anggota KSH yang telah dibacakan semoga bisa dicapai pada tahun 2014.
Acara tersebut diisi untuk menyambut tepat pukul 24.00. di mana berbagai kembang api terlihat sudah dinyalakan mengubah suasana yang sebelumnya keheningan menjadi meriah.

Komentar