Pematerian Bersama PMHS UAD


Minggu, 3 mei 2015 Kelompok Studi Herpetologi (KSH) berkunjung ke Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kunjungan KSH kali ini untuk menghadiri undangan sharing dari PMHS (Persatuan Mahasiswa Pendidikan S    UAD Bag. BSC (Biology Study Club) tentang cara penanganan ular.

                Acara yang bertempat di kampus 3 UAD itu dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Acara diawali dengan sambutan ketua PMHS, lalu dilanjutkan ketua BSC dan barulah acara sharing dimulai. Sharing diisi oleh salah satu anggota KSH Hendy Eka Putra. Sharing diawali dengan cara mengetahui mana ular yang berbisa dan yang tidak berbisa. Perbedaan itu bisa dilihat dari bentuk kepala, warna sisik, bentuk pupil, dan ada tidaknya gigi bisa pada ular. Setelah itu dilanjutkan dengan dengan contoh jenis bisa pada ular. Setelah itu contoh ular yang memiliki jenis / tipe bisa dan yang tidak berbisa. Kemudian materi sharing adalah tentang penanganan ketika bertemu ular dan hal yang harus dipersiapkan ketika akan pergi ke daerah yang memungkinkan terdapat ular.

                Setelah materi selesai, beberapa peserta sharing dari BSC mengajukan perntayaan. Beberapa pertanyaan diantaranya adalah “apakah yang harus dilakukan jika seorang pergi naik gunung tergigit ular dan tidak bawa snake kit ?”, “Berapa lama efek dari bisa ular dapat membunuh seseorang ?”.

                Acara dilanjutkan dengan menyaksikan video tentang efek bisa terhadap darah dan penanganan korba gigitan ular berbisa.

                Sekitar pukul 18.00 WIB acara berakhir. Sebagai penutup Ketua PMHS menyampaikan terima kasih kepada KSH yang telah berbagi pengalaman kepada PMHS BSC.

                Salam Konservasi J KSH JAYA !!!! KSH !!!
 
AP

Komentar

Posting Komentar