KSH Charity Day 2016

Minggu, (21/02) Kelompok Studi Herpetologi berkunjung ke Pondok Pesantren Anak Yatim dan Fakir Miskin Umar Bin Khottob Piyungan, Bantul, DIY. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pertama dalam memperingati hari ulang tahun KSH yang ke 24. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran santri akan pentingnya herpetofauna. Santri tersebut kelak akan menjadi elemen penting dalam masyarakat yang sadar akan peranan herpetofauna dan meluruskan persepsi masyarakat yang menyimpang mengenai herpetofauna. Kegiatan ini sekaligus bakti sosial kepada para santri di pesantren tersebut. Acara tersebut disambut bahagia oleh warga pesantren. Baik santri putra maupun putri berkumpul di aula tempat acara berlangsung. Acara berlangsung tepat waktu yakni pukul 08.20 WIB sampai 11.45 WIB.
Rangkaian acara tersebut meliputi (1) pembukaan oleh MC, (2) sambutan ketua KSH, (3) sambutan Bapak Pengurus Pondok Pesantren, (4) dan pematerian Herpetofauna. Pematerian tersebut berupa 5 materi mengenai divisi yang ada di KSH, dimana setiap materi disampaikan selama 15 menit dengan rincian pematerian amfibi berjudul “Amfibi dan Kebersihan Lingkung
an” , pematerian crocodylia dengan judul “Parental Care Pada Buaya” , pematerian Testudinata dengan judul “Penyu Sang Penjelajah Samudera” , ice breaking, pematerian Lacertilia dengan judul “Keunikan Lacertilia” , pematerian serpentes dengan judul “Pengenalan Ular.” Kegiatan dilanjutkan dengan (5) specimen show, (6) hadrah oleh santri, (7) penyerahan baksos dan kenang-kenangan, dan (8) diakhiri dengan doa bersama. Pematerian herpetofauna tersebut dimaksudkan agar para santri mengenal lebih baik herpetofauna yang selanjutnya menjadi dasar pandangan yang lebih baik dan pemantik akan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.
Pada saat pematerian, para santri memperhatikan dengan baik apa yang dijelaskan. Selain itu juga mereka aktif dan tanggap untuk menjawab pertanyaan, meskipun masih terlihat malu-malu. Mereka juga terlihat bersemangat, terdengar dari suara mereka yang kompak ketika cek semangat dan jargon. Tidak kalah semangat lagi ketika acara specimen show, para santri terlihat senang ketika melihat spesimen-spesimen yang dibawa KSH ke lokasi, jenis specimen yang dipamerkan antara lain kura-kura, ular python, dan kadal. Namun tentu saja dari semua santri yang ada, masih terdapat beberapa santri yang takut.

Komentar