Sekolah Fotografi with KSH

Pada hari Jumat, 21 Juni 2019 telah dilaksanakan sebuah acara yang diorganisir oleh Departemen Hubungan dan Pelayanan Masyarakat (Hubyanmas) KSH. Acara yang bernama "Sekolah Fotografi with KSH" ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Fakultas Biologi.
Acara tersebut dihadiri oleh 13 peserta, dengan Noorman H. Fauzy, alumni Biologi yang telah memiliki pengalaman dalam wildlife photography, sebagai pemateri.

Sekolah Fotografi diadakan dengan tujuan untuk mengedukasi tidak hanya anggota KSH saja, namun mahasiswa Biologi UGM mengenai fotografi dasar. Kemampuan fotografi adalah kemampuan yang menarik untuk dipelajari dan dapat menjadi sebuah bekal atau dasar terutama untuk mahasiswa Biologi. Kemampuan fotografi dibutuhkan dalam berbagai kepentingan dan tujuan, seperti sekedar menangkap momen dan memori pribadi, keperluaan sebuah acara, branding suatu produk, dan salah satunya untuk mahasiswa/alumni Biologi adalah untuk mendokumentasikan suatu spesimen hidup atau mati di alam agar dapat 'dipreservasi' dalam foto dengan tujuan identifikasi dan tujuan lainnya. Itulah salah satu latar belakang diadakannya Sekolah Fotografi ini.


Sekolah Fotografi dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama adalah sesi indoor, dimana para peserta mendapatkan pematerian secara oral dari pemateri. Pada sesi ini, pemateri menjelaskan mengenai pengertian fotografi, dilanjutkan dengan istilah-istilah dasar dalam fotografi. Selain itu, pemateri juga memberikan pengertian dalam mengoperasikan suatu kamera, mengubah-ubah ISO, shutter speed, aperture, dan white balance sesuai kebutuhan dan tujuan fotografer. Sesi ini juga diselipkan tips dan trik fotografi oleh pemateri. Sesi pertama dimulai pada pukul 15:00 hingga 16:30 WIB. Sesi berjalan dengan lancar dan diikuti dengan penuh antusias oleh peserta.

Sesi kedua adalah sesi outdoor, dimana seluruh peserta beserta pemateri pergi ke lapangan untuk mempraktekkan ilmu yang telah didapatkan. Adanya sesi outdoor ini bertujuan untuk membuat peserta semakin memahami dan tidak mudah lupa dalam mengaplikasikan teori, tips, dan trik yang telah disampaikan pada sesi pertama. Pada sesi ini, peserta diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah disampaikan dengan mempraktekkan sendiri fotografi pada hewan. Hewan yang dipakai sebagai model adalah spesimen-spesimen KSH, antara lain kura-kura ambon (Cuora amboinensis), kodok tegalan (Fejervarya limnocharis), dan ular buhu (Homalopsis buccata). Spesimen-spesimen ini dilepas dengan pengawasan di rumput sebelah barat Gedung B Biologi. Peserta mempraktekkan secara langsung fotografi dengan bimbingan pemateri. Sesi ini dimulai pada pukul 16:30 hingga 17:15. Peserta terlihat sangat antusias dalam mempraktekkan fotografi.

Acara kemudian ditutup. Setelah acara ditutup, para peserta diberikan konsumsi dan makan bersama di lapangan rumput tersebut beralaskan karpet bersama pemateri dan panitia acara.

Semoga Sekolah Fotografi dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian dan mampu mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Sampai berjumpa kembali di sekolah berikutnya, yaitu Sekolah Media!


KSH JAYA, KSH!

Komentar

  1. Wah, menarik sekali materi yang dibagikan. Barangkali nanti bisa ikut bergabung bersama kami untuk memberikan materi seputar fotografi. Bisa kunjungi website kami untuk mendapatkan kontak yang bisa dihubungi Klik disini

    BalasHapus

Posting Komentar