Diklat Anggota Muda XXIV



Diklat Anggota Muda KSH merupakan salah satu program kerja Kelompok Studi Herpetologi untuk merekrut anggota baru dengan tujuan regenerasi anggota. Diklat Anggota Muda pada tahun 2013 adalah untuk merekrut anggota angkatan ke-24 sejak berdirinya KSH. Rangkaian diklat terdiri dari kegiatan seminar,  diklat ruang dan diklat lapangan.    Tema seminar kali ini adalah “Penelitian di Bidang Herpetologi” dengan pembicara alumni KSH Tony Febri Qurniawan, Dewan Senior KSH Iman Akbar Muhtianda dan Yonathan.  Peserta  dikenalkan pada tahapan penelitian di bidang herpetologi, penelitian herpetofauna di UGM dan alumni  yang berkarier di bidang herpetologi. Seminar dilaksanakan pada tanggal 28 September 2013 di Ruang  I. Acara ini dihadiri oleh Pembina KSH Bapak Abdul Rachman, Calon Anggota Muda (CAM) dan anggota serta dewan senior KSH. Seminar dilanjutkan sengan sampling herpetofauna nokturnal di sekitar Kampus Biologi. Kegiatan sampling sebagai pengenalan awal CAM pada herpetofauna, terutama yang berada di lingkungan sekitar mereka. Herpetofauna yang ditemukan berasal dari divisi Lacertilia, Amphibia dan Serpentes.

Diklat Ruang terbagi menjadi tiga bagian yaitu Diklat Ruang I, II dan III. Diklat Ruang pertama tanggal 5 Oktober 2013 berisi materi tentang P3K, Teknik Hidup di Alam Bebas (THAB) dan pembuatan bivak. Materi tersebut diberikan dengan tujuan agar peserta dapat mandiri saat berada di alam bebas. Calon anggota dikenalkan pada herpetofauna secara umum pada Diklat Ruang kedua yang disampaikan oleh Dosen Fakultas Biologi sekaligus alumni KSH, Bapak Donan Satria Yudha. Diklat yang dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober ini juga diisi materi per divisi serta keorganisasian. Diklat ruang yang ketiga sekaligus yang terakhir menghadirkan Bapak Rury Epilurrahman (Alumni KSH) sebagai pembicara untuk materi teknik sampling pada 13 Oktober 2013. Acara dilanjutkan di luar ruangan dengan materi handling yang dipaparkan dan dipraktekkan langsung oleh Dewan Senior dari masing-masing divisi keilmuan KSH. Pada acara ini Calon Anggota Muda dilibatkan secara langsung dalam praktek handling. Meskipun pada awalnya merasa takut, setelah menguasai teknik handling peserta mulai berani mencoba memegang dan menghandle spesimen hidup seperti kura-kura, kodok, tokek dan ular.

Pada tanggal 1-3 November 2013, KSH mengadakan acara diklat lapangan untuk AM XXIV yang berlokasi di Wanagama. Acara tersebut diawali dengan upacara pembukaan di Fakultas Biologi UGM, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju Wanagama. Hari pertama diisi dengan pendirian bivak dan sampling nocturnal yang dilakukan oleh AM XXIV didampingi oleh AM XXIII, AM XXII, serta DS. Setelah sampling diadakan sesi diskusi untuk membahas herpetofauna yang berhasil ditemukan. Hari kedua diawali dengan senam pagi kemudian dilanjutkan dengan tracking. Tracking ini dilakukan oleh AM XXIV dengan pemandunya masing-masing. DS yang menjadi pemandu adalah Ratna Ramadhani, Rianjani Pratiwi, Nurita Kartika, dan Hanan Asyrofi. Terdapat enam pos yang harus dilewati dalam tracking ini yang mencakup kelima divisi KSH yaitu amphibia, testudinata, crocodilia, serpentes, dan lacertilia serta pos terakhir yaitu pos keorganisasian. Di pos-pos tersebut diisi dengan games-games seru dan di setiap pos AM XXIV diminta untuk menghapalkan kode etik KSH. Setelah tracking, diadakan acara pensi dan mind mapping. Setelah itu jam 2 malam, dilakukan pelantikan. Pagi harinya diisi dengan pembongkaran bivak dan perjalanan kembali ke Fakultas Biologi UGM. Kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan dan foto bersama.

SELAMAT DATANG AM XXIV !!!!

Foto AM XXIV bersama Anggota KSH lain.
-para-

Komentar

Posting Komentar