Lomba Mewarnai dan Pematerian Herpetofauna di SD Ngemplak Nganti


Dalam rangka pelaksanaan rangkaian HUT KSH ke 25, Pada tanggal 18 Februari 2017 lalu, KSH mengadakan lomba mewarnai dan pematerian herpetofauna yang diselenggarakan di SD Ngemplak Nganti. Lomba mewarnai diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2 SD Ngemplak Nganti.


Acara dimulai pukul 07.30 WIB. Acara pertama yaitu lomba mewarnai diikuti oleh kelas 1 dan 2. Kelas 1 dan kelas 2 dibedakan menjadi 2 kelompok dan diberi gambar dengan tema “Herpetofaua” yang siap diwarnai. Para siswa mewarnai dengan teliti dan antusias. Perlombaan berlangsung selama 1 jam. Bagi siswa yang mewarnai paling bagus akan diberi penghargaan berupa hadiah yang sudah disediakan oleh KSH.

Setelah perlombaan selesai, sekitar jam 8.30 WIB para siswa diajak untuk melihat dan mengenal lebih dekat herpetofauna yang lucu-lucu ini. Para siswa ditunjukan beberapa spesimen herpetofauna, seperti ular piton yang sudah jinak, beberapa penyu dan kura-kura, dan juga biawak air. Para siswa sangat senang saat berinteraksi dengan penyu cs. Selain pengenalan dengan spesies, para siswa juga dikenalkan dengan memberi pengetahuan umum tentang herpetofauna yang diharapkan berguna untuk para siswa hingga masyarakat sekitar.

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah untuk siswa yang mendapat juara 1,2 dan 3, pembagian snack untuk siswa yang berpartisipasi lomba mewarnai. Setelah pembagian snack, acara ditutup dengan foto bersama para siswa, kepala sekolah, guru dan staff, serta pemberian kenang-kenangan untuk sekolah SD Ngemplak Nganti.

Pemikiran terhadap herpetofauna yang menyebabkan banyaknya eksploitasi dan pembunuhan akibat ketidaktahuan masyarakat, dapat diubah mulai dari generasi muda hingga hal-hal kecil yang kita lakukan untuk memberi pengetahuan untuk masyarakat agar mengerti bahwa makhluk hidup, khususnya herpetofauna harus dijaga kelestariannya untuk anak cucu kita nanti. KSH jaya KSH!

Komentar