Jalin Persahabatan: KSH UGM dan KSBiodiv UNS

Foto bersama

Tanggal 19 Desember 2013, pukul 14.00 sampai 17.30 WIB bertempat di Ruang 1 Fakultas Biologi UGM, Kelompok Studi Herpetologi (KSH) Fakultas Biologi UGM dan Kelompok Studi Biodiversitas (KSBiodiv) Fakultas MIPA UNS mengadakan sharing bersama membahas tentang keorganisasian dan publikasi penelitian. Acara sharing bersama ini dihadiri oleh Anggota Muda dan Dewan Senior KSH serta sembilan orang anggota KSBiodiv.
 
Berawal dari KSBiodiv mengikuti kegiatan tanam mangrove Fakultas Biologi UGM serta Seminar Nasional yang diadakan KSBiodiv dan diikuti oleh KSH, KSBiodiv Fakultas MIPA UNS mengenal KSH Fakultas Biologi UGM. Berlanjut pada ikut sertanya kedua kelompok studi ini dalam Kongres dan Seminar Nasional Perhimpunan Herpetologi Indonesia, komunikasi antara KSH dengan KSBiodiv terjalin. Komunikasi berlanjut sampai pada KSBiodiv mengajak untuk mengadakan sharing bersama KSH mengenai keorganisasian dan publikasi penelitian.
 
Suasana sharing : KSH dan KSBiodiv
Acara sharing dimulai dengan perkenalan anggota dari kedua kelompok studi. Selanjutnya secara lebih jelas Novi, ketua dari KSBiodiv menjelaskan mengenai keorganisasian, kajian, kegiatan yang KSBiodiv lakukan. KSBiodiv mengkaji ilmu mengenai flora, fauna dan mikroba. Sedangkan kegiatan mereka meliputi eksplorasi, expedisi dan konservasi. Dan untuk mengajak anggotanya berpartisipasi aktif dalam kegiatan mereka, KSBiodiv mengemas kegiatan dengan konteks jalan-jalan bersama. Dilanjutkan presentasi KSH mengenai keorganisasian dan kegiatan KSH oleh Yonathan, serta presentasi mengenai penelitian yang telah dilakukan anggota KSH, hasil serta wadah publikasi oleh Herdhanu Jayanto. Kemudian diadakan diskusi ringan. KSBiodiv yang merupakan organisasi yang terbilang muda bertanya banyak mengenai KSH, mulai dari keorganisasian, sistem rekrutmen, pengakraban anggota, penelitian, publikasi, cara pengajuan hibah, pengolahan dan pengurusan data serta masih banyak lagi. Sebaliknya KSH juga bertanya mengenai keorganisasian dan kegiatan dari KSBiodiv lebih jelas.

Acara diakhiri dengan tukar kenang-kenangan antara KSH dan KSBiodiv serta foto bersama antara kedua kelompok studi. Diharapkan KSBiodiv dan KSH dapat menjadi relasi yang baik. Tidak hanya berhenti pada sharing ini, tetapi dapat berlanjut dengan kerjasama, penelitia dan pengadaan seminar bersama serta berbagai macam kolaborasi lainnya.

-edwina-

Komentar