Kunjungan Bali Sea Turtle Society (BSTS)

Foto bersama
Senin 16 Desember 2013, KSH kedatangan tamu dari Bali Sea Turtle Society. Beliau adalah Bapak I Wayan Wiradyana seorang pendiri sekaligus founder dari Bali Sea Turtle Society (BSTS). BSTS merupakan LSM yang bergerak di bidang konservasi penyu yang berdiri di tahun 2001. Di Indonesia jarang sekali ada LSM bidang konservasi dengan founder orang Indonesia. Sehingga kesempatan yang bagus ini tidak disia-siakan oleh KSH untuk sharing ilmu dan pengalaman. 

Ketika Pak I Wayan sharing tentang BSTS
Dengan menghadirkan dua alumni KSH, Mas Lutfi Nurhidayat dengan penelitiannya dan Pak Rury Eprilurahman sebagai pembicara bidang akademisi, diadakanlah diskusi tentang konservasi penyu yang dibuka untuk umum bagi civitas biologi. Acara dimulai pukul 13.30 WIB, bertempat di Ruang Seminar Fakultas Biologi. Diawali dengan pembukaan dan sambutan dari ketua KSH, Abrory Agus Cahya Pramana, kemudian disambung sambutan dari Pak Abdulrahman selaku dosen pembimbing KSH, dan sambutan Bu Endang Semiarti selaku wakil dekan bidang jaringan dan kerjasama alumni.

Antusiasme para audiens
Diskusi diawali dengan presentasi dari Pak Rury tentang pengenalan konservasi penyu, kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Lutfi tentang penelitian yang berhubungan dengan konservasi Penyu Lekang di Pantai Trisik, Kulon progo dan presentasi dari Pak I Wayan tentang konservasi penyu di pantai Kuta, Bali. Audien tampak antusias dengan materi yang disampaikan oleh ketiga pembicara, dan diskusi dapat berlangsung dengan baik. Pukul 16.00 acara diakhiri, dengan penutupan dan penyerahan kenang-kenangan kepada ketiga narasumber yang diserahkan oleh Pram selaku ketua KSH serta Pak Abdulrahman selaku pembimbing KSH. 

Banyak ilmu dan motivasi yang didapat dari acara tersebut, semakin membuka mata tentang kondisi yang dihadapi oleh penyu-penyu yang ada di nusantara ini. Semoga setelah acara ini KSH semakin termotivasi untuk terlibat dalam kegiatan konservasi penyu,dan memberikan sumbangsih untuk kelestarian herpet purba ini. 

Mari kita tunggu event-event keren KSH selanjutnya!
-nasrul-




Komentar